Soal, Materi Limit Trigonometri di Tak Hingga Mirip Soal UTBK SBMPTN



Salam Para Bintang

Kali ini saya akan coba berbagi tentang materi matematika yaitu Limit Trigonometri di Tak Hingga. Sebelum kalian mempelajari materi ini, baiknya kalian harus menguasai materi Limit Trigonometri karena materi ini meskipun dari judulnya adalah Limit Trigonometri di Tak Hingga tetapi pelajaran ini menitikberatkan kepada materi Limit Trigonometri. Jadi, kita wajib paham apa itu dan bagaimana penggunaan Rumus-rumus, konsep Limit Trigonometri.

Baca: 

Pengertian, Rumus Dasar , Contoh Soal Limit Fungsi Trigonometri  pada Matematika Minat 

Kita ketahui bahwa untuk bentuk sin x, cos x, tan x, sec x, cosec x dan cotan x, jika x bernilai tak hingga maka akan diperoleh  bentuk:

                          

Jika sudut daripada sin x, cos x, tan x, sec x, cosec x dan cotan x adalah tak hingga, maka nilainya tidak dapat kita tentukan sama sekali karena nilai dari sin x, cos x, tan x, sec x, cosec x dan cotan x, memiliki batasan tertentu yaitu:




Untuk menyelesaikan masalah Limit Trigonometri tak hingga, dapat diselesaikan dengan cara yaitu dengan menggunakan konsep:


Dari konsep di atas, limit trigonometri di tak hingga mudah diselesaikan yaitu menjadi:


Dari konsep di atas, kita dapat menentukan hasil limit trigonometri di tak hingga. Ups...sebelum kita lanjut jangan lupa ingat materi ini ya, biar dapat diselesaikan soal-soalnya ya:

Untuk memahami penggunaan cara di atas maka, sekarang kita coba selesaikan permasalahan-permasalahan soal-soal yang ada di bawah ini. 

1. Soal SPMB Tahun 2006

Penyelesaian:






2. SOAL LATIHAN


Penyelesaian:








3. SOAL SBMPTN 2017

Penyelesaian:







4. Latihan Soal

Penyelesaian:











5. Latihan Soal

Penyelesaian:






6. SOAL UGM 2005

Penyelesaian:








7. Soal  SPMB 2005

Penyelesaian:





8.Soal SPMB 2017

Penyelesaian:







9. Soal  SBMPTN 2017

Penyelesaian:













10. Soal SBMPTN 2017


Penyelesaian:

 







 Silahkan lihat juga pembahasan soal-soalnya di sini:


LihatTutupKomentar